Panduan Pelaksanaan HUT PMI Ke-69

TOR
PERINGATAN HUT PMI KE 69
17 SEPTEMBER 2014

“TOTALITAS TANPA BATAS UNTUK KEMANUSIAAN”

PENDAHULUAN
PMI kembali memeringati hari kelahirannya pada 17 September 2014 mendatang. Usia PMI yang semakin matang ini dibarengi dengan pelayanannya yang semakin berkembang. PMI yang dahulu identik dengan donor darah, kini telah dikenal sebagai organisasi yang terlibat dalam respon bencana, pertolongan pertama, medis, melakukan upaya pengurangan risiko bencana kepada masyarakat, dan berbagai pelayanan lainnya.

Berbagai penambahan infrastruktur dan fasilitas yang dimiliki PMI ditujukan untuk semakin memperkuat pelayanan PMI demi meningkatkan kualitas pelayanan. Mulai dari gudang regional, pusat air dan sanitasi darurat, ambulans, mobil unit donor darah, kendaraan amphibi Haglund hingga armada udara helikopter diadakan untuk mendukung pelayanan PMI kepada masyarakat. Dengan pelayanan PMI yang totalitas diharapkan akan membantu lebih memaksimalkan bantuan PMI ke masyarakat.

TEMA
Tahun Kualitas

TEMA HUT
“Totalitas Tanpa Batas untuk Kemanusiaan”

TEMA HUT
“Totalitas Tanpa Batas untuk Kemanusiaan”

TUJUAN
Memperingati HUT PMI ke-69
Menyerukan pesan-pesan kemanusiaan ke seluruh kalangan
Meningkatkan pelayanan berkualitas di masyarakat

WAKTU & TEMPAT
Acara HUT PMI diselenggarakan di berbagai Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia bertepatan pada 17 September 2014 atau di waktu-waktu tertentu. Lokasi kegiatan dapat dilakukan di Markas ataupun tempat lainnya (mal, sekolah, lapangan publik, dan sebagainya)

TARGET
Masyarakat
Generasi muda
Komunitas
Mitra Perusahaan
Media massa

KEGIATAN
Acara HUT PMI diselenggarakan di tingkat Pusat dan Provinsi/Kabupaten/Kota. Kegiatan peringatan HUT kali ini diarahkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan kualitas pelayanan PMI yang semakin baik (sesuai dengan tema).

PMI Provinsi/Kabupaten/Kota dapat melakukan kegiatan peringatan yang telah ditentukan atau melakukan salah satu atau berbagai kegiatan di bawah ini:

1. PAMERAN FOTO
Foto-foto yang dipamekan adalah aksi kemanusiaan dan pelayanan PMI kepada masyarakat penerima bantuan. Foto-foto yang dapat dipamerkan adalah seputar donor darah, respon bencana, kesiapsiagaan bencana, pertolongan pertama, dan lainnya.

2. COACHING CLINIC PMI
Merupakan ajang untuk membantu mengembangkan sumber daya manusia (SDM) melalui sebuah kegiatan. Coaching Clinic dapat pula menjadi ajang bagi personil PMI memperlihatkan kualitas pelayanannya yang diberikan kepada masyarakat. Coaching Clinic PMI yang dapat diberikan kepada masyarakat melalui peringatan kali ini adalah:

Kursus Pertolongan Pertama
Pertolongan Pertama (PP) merupakan pelayanan dasar yang diberikan PMI kepada masyarakat. Personil PMI dapat memberikan kursus kilat mengenai pertolongan pertama kepada masyaakat, terutama saat terluka akibat tersayat
pisau, terkena minyak goreng saat memasak, dan sebagainya.

Klinik Donor Darah
Personil Unit Donor Darah (UDD) PMI dapat memberikan penjelasan, menjawab pertanyaan, maupun sosialiasi hal-hal seputar donor darah (misalnya, persyaratan donor darah, golongan darah dan rhesus, prosedur apheresis, dan sebagainya).

3. AJANG MOTIVATOR RELAWAN
Menampilkan para relawan PMI dan relawan organisasi lainnya yang tidak hanya sukses di dunia kerelawanan, tetapi juga berhasil di bidang lainnya (pekerjaan, bisnis, entrepreneurship, dsb). Dalam kegiatan ini, mereka akan menjadi motivator bagi generasi muda dengan sharing pengalaman dan cerita di balik kesuksesan mereka.

4. HAPPENING ART
Berbagai kegiatan yang menunjukkan kolaborasi antara kesenian dan kepalangmerahan (Misalnya, drama tentang Lambang, pentas musik relawan, flash mob (kerumunan sekejap tentang aktivitas PMI), lomba menggambar, dan sebagainya.

5. AKSI UNTUK LINGKUNGAN
Berbagai kegiatan misalnya, penanaman pohon, pembersihan lingkungan, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat, dan sebagainya.

6. AKSI SOSIAL & OLAHRAGA
Berbagai kegiatan misalnya, kunjungan ke panti jompo, distribusi bantuan ke masyarakat yang membutuhkan, pengobatan gratis, perlombaan futsal, lari marathon, sepeda santai, dan sebagainya, tentunya dengan membawa pesan-pesan kemanusiaan.

*Untuk melakukan kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat bekerjasama/berkolaborasi dengan misalnya Komunitas, pihak pemerintah daerah, mitra perusahaan, dan pihak lainnya.

MEDIA PUBLIKASI & PROMOSI
Berbagai kegiatan HUT PMI ini dapat dipublikasikan dan dipromosikan melalui:

a. Kerjasama dengan media massa (cetak maupun elektronik) di
Daerah/Kabupaten/Kota. Kerjasama ini dapat dilakukan dalam bentuk sebagai Media Patner atau liputan media.
b. Media promosi luar ruang, seperti spanduk, umbul-umbul, bendera, baliho, dan sebagainya.
c. Media promosi dalam ruang, seperti roll banner, hanging banner, backdrop acara, dan sebagainya
d. Kampanye media sosial PMI di Daerah/Kabupaten/Kota (twitter dengan hastag #HUTPMI, facebook, Youtube, Blog, dan lainnya) dan website.

PENUTUP
Demikian TOR HUT PMI ke 69 ini dibuat dengan harapan peringatan HUT PMI kali ini dapat dilaksanakan dengan meriah dan melibatkan berbagai pihak (relawan, masyarakat, komunitas, mitra perusahaan, dan media massa).

BIRO HUMAS
MARKAS PUSAT PMI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s