Open Recruitment KSR Boyolali 2014

A.PENDAHULUAN

       Generasi muda merupakan ujung tombak bagi kemajuan bagsa, begitu pula dengan relawan yang merupakan garuda terdepan Palang Merah (PMI) yang memiliki peran yang sangat penting dalam perjalanan organisasi ini.

Korp Sukarela Palang Merah Indonesia Kabupaten Boyolali Merupakan intergenerasi muda, dimana sebagai warga negara yang dalam tindak tanduknya dituntut pengabdiannya dengan rasa penuh tanggung jawab yang tinggi dan sikap sukarela serta mampu menformulasikan dalam suatu aktifitas yang bercermin pada 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

KSR PMI Kabupaten Boyolali Merupakan tempat bernaungnnya para relawan muda yang bergerak dibidang social dan kemanusian. KSR PMI Kabupaten Boyolali sampai pada saat ini telah memiliki 150 anggota. Angggota yang aktif hingga saat ini hanyalah kurang lebih 50 anggota. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh banyak nya anggota yang telah mempunyai kesibukan dan pekerjaan diluar kabupaten Boyolali. Oleh karena itu, regenerasi dalam organisasi ini sangatlah diperlukan demi meneruskan organisasi ini.

B. DASAR PELAKSANAAN

         1.     Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Palang Merah Indonesia

2.     Program Kerja KSR PMI Kabupaten Boyolali Tahun 2014

C. NAMA KEGIATAN

        Sesuai dengan maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu pengrekrutan anggota baru, maka kegiatan ini dinamakan Penerimaan Anggota Baru atau OPEN RECRUTMENT ( DIKSAR KSR PMI KAB.BOYOLALI ANGKATAN VI )

D. TEMA KEGIATAN

Adapun tema kegiatan ini adalah ”MENCIPTAKAN RELAWAN YANG BERKUALITAS SERTA BERTANGGUNG JAWAB DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA”.

E. TUJUAN DAN SASARAN KEGIATAN

1.   Tujuan kegiatan

a.         Tujuan Umum

Merekrut Anggota baru angkatan ke-VI KSR PMI Kabupaten Boyolali

b.         Tujuan Khusus

1)        Mensosialisasikan organisasi KSR PMI Kabupaten Boyolali

2)        Memupuk dan menumbuhkan jiwa kemanusiaan

3)        Meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota KSR PMI Kabupaten Boyolali

2.   Sasaran Kegiatan

Sasaran dalam kegiatan ini adalah Masyarakat Umum Khususnya Pemuda Jumlah 50 orang diseluruh wilayah Kabupaten Boyolali.

F. PENYELENGGARA KEGIATAN

Penyelenggara kegiatan ini adalah anggota KSR PMI Kabupaten Boyolali

G. BENTUK DAN WAKTU KEGIATAN

1.        Bentuk Kegiatan

a.         Sosialisasi KSR PMI Kabupaten Boyolali

Mensosialisasikan organisasi dengan cara menggunakan media poster dan spanduk di titik strategis yang disebar atau dibagikan kepada seluruh masyarakat umum. Selain itu, kami melakukan pendekatan secara personal.

Syarat peserta :

– WNI / WNA yang sedang berdomisili di Boyolali

– Usia 17-30 tahun

– Bersedia mengikuti DIKLATSAR sampai tuntas.

– bersedia menjalankan tugas kepalangmerahan secara terorganisisir dan mentaati peraturan yang berlaku.

– mengisi formulir pendaftaran

b.         Pengambilan formulir pendaftaran

Pada tahap ini masyarakat yang berminat untuk bergabung akan mengambil formulir pendaftaran dan mengembalikannya setelah melengkapi data-data yang telah ditentukan. DOWNLOAD FILE PENDAFTARAN DISINI  pilih from KSR atau datang ke PMI langsung. Setelah itu masyarakat melakukan pendaftaran calon anggota. menyeraDilakukan mulai Tanggal 1 maret – 17 april 2014.  di R. KSR/TSR PMI Kabupaten Boyolali. Jl. Randu Asri Siswodipuran Boyolali, 57316.

c.         Diklat (Pendidikan dan Latihan)

Pada tahap ini para calon anggota akan diberikan pendidikan dan latihan dasar baik mengenai organisasi seperti sejarah gerakan, kepalang merahan, pertolongan pertama. Dan akan diberikan materi lain yang mendukung pelaksanaan pengrekrutan ini dan ada hubungannya dengan organisasi. Selain materi mereka diberikan praktek-praktek yang sesuai dengan materi yang diberikan.

d.       Diksar (Pendidikan Dasar)

Tahap ini merupakan tahap terakhir yang harus dilalui oleh calon anggota sebelum mereka menjadi anggota KSR PMI Kabupaten Boyolali yang resmi. Dalam kegiatan ini calon anggota akan diberikan stimulasi-stimulasi kejadian alam yang menuntut jiwa kemanusiaan mereka untuk membantu sesama. Dan kegiatan ini pula akan mendorong para calon anggota untuk memiliki rasa persaudaraan, kebersamaan dan kekompakan dalam arti lain mereka ditanamkan sikap 7 Prinsip Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, yaitu (Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesatuan, Kesukarelaan, Kesemestaan)

2.        Waktu Kegiatan DIKSAR

Waktu kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Mei 2014 Di Markas PMI Kab. Boyolali Dan Diksar merupakan proses  akhir dari pengkrekutan anggota baru. Diksar ini akan dilaksanakan pada 27 – 29 Mei 2014.

I.              PENUTUP

Demikian kegiatan ini kami publikasikan sebagai gambaran atas rencana pelaksanaan kegiatan Kabupaten Boyolali tahun 2014. Semoga apa yang telah kami uraikan diatas dapat dijadikan bahan pertimbangan dan selanjutnya proposal ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya demi suksesnnya kegiatan DIKSAR VI KSR PMI Kabupaten Boyolali tahun 2014 tersebut.

Atas perhatian dan dukungan yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Panitia Pelaksana DIKSAR VI

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia

Kabupaten Boyolali,

2014

CP:

*Azharie  (085642490780)

* Nafi’ (085647122290)

Brosur :

OPEN RECRUITMENT KSR PMI BOYOLALI 2014

OPEN RECRUITMENT KSR PMI BOYOLALI 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s