Bisakah Cadel Disembuhkan?

cadel
Kesulitan mengucapkan huruf R, seringkali disebut sebagai cadel/pelo pada seorang anak dan remaja biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena kelainan fisiologis dan  faktor anatomi.


Cadel yang disebabkan oleh kelainan fisiologis jumlahnya sangat sedikit. Sedangkan faktor anatomi penyebabnya dibedakan menjadi tiga, yakni gangguan pada bagian pendengaran; gangguan pada otak (pusat bicara di otak); dan gangguan di wilayah mulut (kelaianan bentuk langit-langit, lidah dan lainnya).

Tentunya penanganannya tergantung kepada penyebabnya sehingga lebih efektif. Seringkali pula hal ini disebabkan karena pola asuh/kebiasaan orangtua yang menyebutkan kata-kata dengan lafal pelo untuk berbicara kepada anak sehingga menjadi kebiasaan yang terus ia bawa sampai ia besar.

Faktor psikososial seperti lingkungan kehidupan keluarga yang tidak harmonis dan depresif pun diduga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Yang penting adalah mengidentifikasi kemungkinan penyebab kondisi putri ibu sehingga pendekatan terapinya menjadi lebih tepat dan terarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s