PMI KABUPATEN BOYOLALI MENGIRIMKAN PESERTA PELATIHAN WAWASAN KEBANGSAAN

Penerus Bangsa

Sebagai konsekuensi dari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia harus mampu mempertahankan eksistensi,identitas,integritas bangsa dan negara serta perjuangan dan cita – cita untuk mencapai tujuan nasional. Era reformasi dan demokrasi, memang harus tetap berjalan, namun penataan kehidupan kebangsan (berbangsa dan bernegara), harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, Undang – undang dasar tahun 1945, NKRI, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan memupuk rasa nasionalisme ditengah – tengah gelombang pengaruh era reformasi diperlukan keseriusan dan optimisme dalam membangkitkan tekad dan semangat baru bagi bangsa Indonesia untuk menata kembali kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih bermartabat. Hal ini berarti aktualisasi wawasan kebangsaan adalah merupakan partisipasi kebangsaan secara nyata oleh setiap warga bangsa dan komponen bangsa.

Untuk meningkatkan kemampuan anggota Organisasi Kemasyarakatan dalam hal ini anggota Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memahami pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan, sehingga akan terbentuk sikap nasionalis yang tinggi, rasa senasib sepenanggungan, sebangsa setanah air, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Wawasan Kebangsan Angkatan IX (bagi anggota PMI) tahun 2012.

Kegiatan Peningkatan Kemampuan wawasan Kebangsaan Angkatan IX dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 24 sampai dengan 26 April 2012 di Wisma Sumodilogo Jl. Kanjengan C.38 Kranggan, kabupaten Temanggung. Peserta Pelatihan terdiri dari Anggota Palang Merah Indonesia (PMI) se Jawa Tengah sebanyak 50 (lima puluh) orang. Fasilitator terdiri dari beberapa element diantaranya adalah Polda Jawa Tengah,Rimdam IV/Diponegoro Magelang,Bappeda provinsi jawa Tengah,Badan Kesbang Pol dan Linmas Provinsi Jawa Tengah,Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia Jawa tengah.Materi pembahasan terdiri dari 30 jam pelajaran, 15 jam teori, dan 15 jam pelajaran praktek.Mata Pelajaran terdiri dari Pelajaran Dasar,pelajaran inti,pelajaran pendukung. Untuk pelajaran dasar diantranya adalah Wawasan kebangsaan dan stabilitas nasional,Membangun stabilitas nasional.Pelajaran inti Penghayatan dan pengamalan nilai – nilai Pancasila,Demokrasi dan keterbukaan yang santun dan bermartabat,Dinamika kelompok dan kepemimpinan,Praktek pengamalan nilai – nilai Pancasila,Praktek gotong royong bersama masyarakat,Pancasila jati diri bangs menuju Indonesia jaya.Pelajaran pendukung Kesamaptan dan pembinaan jasmani,Diskusi pemamtapan wawasan kebangsan.Biaya kegiatan berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2012 Program Pendidikan Non Formal dan Informal.

HUMAS PMI KAB.BOYOLALI

By : Much Roni ( KSR PMI KAB.BOYOLALI )

2 responses to “PMI KABUPATEN BOYOLALI MENGIRIMKAN PESERTA PELATIHAN WAWASAN KEBANGSAAN

  1. Saya akui, saya belum di webpage dalam waktu yang lama … namun itu sukacita lain untuk melihat ini adalah sebuah topik yang penting dan diabaikan oleh begitu banyak, bahkan profesional. Saya berterima kasih untuk membantu membuat orang lebih sadar akan isu-isu yang mungkin.

    • terimakasih atas sumbang saran anda, pmi boyolali akan selalu berusaha mengetengahkan isu – isu yang selama ini dipinggirkan, sehingga kedepan masyarakat luas dapat menelaah kembali isu tersebut secara faktual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s