PMI ADAKAN PELATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA

Pelatihan PP

PT Solo Murni adalah salah satu perusahaan di Boyolali yang memproduksi buku tulis dengan merk “KIKY”. Siang itu cuaca di sekitar PT Solo Murni Boyolali sangat panas. Para pekerja masuk ke tempat kerja masing-masing, terjadi kesibukan di pos Satpam untuk absensi. Waktu menunjukan pukul 10.30 WIB tiba-tiba di bagian produksi ada seorang pekerja wanita yang tiba-tiba jatuh, kepalanya terbentur lantai dan pingsan. Setelah mendapat laporan tim kesehatan memberikan pertolongan pertama dengan membawa pasien ke ruang kesehatan, membuka jalan nafas, mengendorkan pakaian yang mengikat serta meninggikan tungkai kira-kira 30-40 cm. Penolong yang lain mencari es untuk mengkompres luka memar di kepala.

Beberapa saat kemudian ada laporan juga dari bagian kelistrikan bahwa ada pekerja yang jatuh pada waktu membenahi instalasi listrik perusahaan. Di bantu petugas Satpam tim kesehatan mengadakan pertolongan pertama dengan membawa pasien ke tempat aman, dari pemeriksaan terdapat perubahan bentuk pada lengan atas dan tungkai bawah serta lecet-lecet di pelipis. Oleh tim kesehatan di bidai dan di bersihkan lukanya serta di rujuk ke rumah sakit terdekat.

Selang 25 menit ada laporan bagian gudang logistik terjadi kecelakaan kerja ada pekerja kakinya terlindas porklip dan jari-jarinya terdapat luka remuk, oleh tim penolong pasien di bawa ke ruang kesehatan dan melakukan pertologan pertama dengan membalut perdarahan setelah itu membawa fasilitas kesehatan.

Kejadian di atas merupakan bagian dari simulasi pertolongan pertama yang diadakan oleh PT Solo Murni bekerjasama dengan PMI Kabupaten Boyolali. PT Solo Murni dalam setiap tahunnya rutin mengadakan pelatihan pertolongan pertama bagi supervisior yang pesertanya sekitar 30 orang. Dalam kesehariannya supervisior ini bertanggungjawab tehadap pekerja sekitar 35 orang. Pihak perusahaan yang diwakili oleh personalia Ibu Claudya mengatakan mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Boyolali semoga kerjasama ini akan terus berlangsung dan juga memberikan apresiasi terhadap peserta semoga ilmu pertolongan pertama ini bisa bermanfaat dan apabila terjadi kejadian di perusahaan bisa melakukan pertolongan pertama sesuai prosedur yang berlaku.

Ketua PMI Kabupaten Boyolali dr.Syamsudin,M.Kes mengatakan sudah menjadi tugas pokok PMI untuk menyebarluaskan ilmu Pertolongan Pertama bagi masyarakat terutama perusahaan untuk mengurangi kecelakaan kerja. ( humas pmikabboyolali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s