Dari Harvard ke Wall Street: Kisah Perjalanan Facebook

Perusahaan IT Raksasa : Facebook

Facebook yang dibangun oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 kini telah menjelma menjadi raksasa TI dunia yang tengah bersiap menjual sahamnya ke publik.

Inilah tanggal-tanggal penting dalam sejarah Facebook, yang siap mengajukan penawaran umum saham perdana dan berusaha untuk menghimpun sedikitnya lima miliar dolar AS, seperti dilapor AFP.

Pada 2004

– Januari: Mark Zuckerberg, berusia 19 tahun jagoan komputer di Universitas Harvard, dari kamar asramanya mulai mengembangkan jejaring online yang awalnya bertujuan untuk menghubungkan para mahasiswa Harvard.

– Februari: Thefacebook.com, seperti yang kemudian disebut, diluncurkan oleh Zuckerberg dan tiga teman sekamarnya serta teman sekelas di Harvard: Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz.

– Mei: Zuckerberg pindah ke Silicon Valley dan memutuskan untuk tidak kembali ke Harvard untuk semester musim gugur.

– Juli: Facebook menerima investasi pertama: 500 ribu dolar AS dari salah satu pendiri PayPal, Peter Thiel.

– September: Facebook menambahkan “The Wall” untuk profil pengguna.

Pada 2005

– April: Facebook mendapat pendanaan besar putaran kedua sebesar 12,7 juta dolar AS dari Accel Partners.

– Agustus: Thefacebook.com resmi mengubah namanya menjadi Facebook.

Pada 2006

– Februari: Viacom menawarkan untuk membeli Facebook senilai 1,5 miliar dolar AS, tetapi ditolak. Yahoo! juga membuat tawaran yang tidak berhasil satu miliar dolar AS.

– September: Facebook menambahkan “News Feed” dan terbuka untuk siapapun selama berusia 13 tahun.

Pada 2007

– September: Facebook meluncurkan dana 10 juta dolar AS, menyediakan uang untuk perusahaan atau individu yang ingin membangun aplikasi.

– Oktober: Microsoft mengambil saham senilai 240 juta dolar AS di Facebook pada sebuah kesepakatan yang menilai jejaringan sosial pada 15 miliar dolar AS. Facebook memiliki 50 juta anggota.

– Desember: Zuckerberg meminta maaf atas “kesalahan” dalam peluncuran platform iklan baru yang disebut Beacon yang melacak pembelian yang dibuat oleh anggota Facebook dan membiarkan teman-teman mereka tahu apa yang telah mereka beli.

Pada 2008

– Februari: Sebuah penyelesaian 65 juta dolar AS dicapai dengan kembar Tyler dan Cameron Winklevoss atas tuduhan bahwa Zuckerberg mencuri ide mereka untuk Facebook semasa di Harvard. Facebook meluncurkan sebuah situs Spanyol.

– Maret: Sheryl Sandberg, seorang eksekutif utama Google, dipekerjakan sebagai chief operating officer Facebook. Situs Facebook Prancis dan Jerman diluncurkan.

– April: Facebook menurunkan tahta MySpace menjadi situs jejaring sosial yang paling populer di dunia.

– Agustus: keanggotaan Facebook capai 100 juta.

– September: Zuckerberg dinobatkan sebagai salah satu dari 400 orang Amerika terkaya oleh Majalah Forbes dengan kekayaan diperkirakan sebesar 1,5 miliar dolar AS.

– Oktober: Facebook membuka kantor pusat internasionalnya di Dublin, Irlandia.

Pada 2009

– Maret: Facebook meluncurkan aplikasi mobile pertama untuk situs.

– April: Keanggotaan Facebook mencapai 200 juta.

– Mei: perusahaan internet Rusia Digital Sky Technologies menginvestasikan 200 juta dolar AS di Facebook dalam kesepakatan bahwa nilaii perusahaan pada 10 miliar dolar AS.

– September: Keanggotaan mencapai 300 juta. Zuckerberg mengatakan jejaringan sosialnya telah menjadi “arus kas positif,” yang berarti penghasilannya telah mencukupi untuk menutupi biaya operasional.

– Desember: The Electronic Privacy Information Center, Center for Digital Democracy dan lain-lain meminta Komisi Perdagangan Federal AS untuk melihat kebijakan privasi dalam Facebook, mengklaim telah tertipu pengguna atas perlindungan data pribadi mereka ketika pihaknya mengubah pengaturan privasi.

Pada 2010

– Februari: keanggotaan Facebook mencapai 400 juta.

– Mei: Pakistan menutup akses ke Facebook setelah sebuah perlombaan mendorong pengguna untuk mengirim karikatur Nabi Muhammad di situs.

– Juli: Keanggotaan mencapai 500 juta. Lady Gaga menjadi orang pertama dengan 10 juta penggemar di Facebook, melampaui batas beberapa hari ke depan Presiden AS Barack Obama.

– Agustus: Facebook meluncurkan Facebook Places, yang memungkinkan anggota menggunakan perangkat ponsel untuk berbagi keberadaan mereka.

– Oktober: “The Social Network,” film yang sutradarai David Fincher tentang asal dari Facebook, sukses di bioskop-bioskop. Film yang ditulis oleh Aaron Sorkin dan dibintangi Jesse Eisenberg dan bintang pop Justin Timberlake ini mencapai box office. Dinominasikan untuk delapan Oscar, dan meraih tiga: untuk “the best adapted screenplay, original score dan film editing”.

– November: Alamat email Facebook.com diluncurkan.

– Desember: majalah Time memberi Zuckerberg gelar “Person of the Year” untuk “mengubah cara kita menjalani hidup kita setiap hari.”

Pada 2011

– Januari: Sebuah penawaran saham privat menghasilkan 1,5 miliar dolar AS dari investor dan nilai Facebook pada 50 miliar dolar AS.

– Februari: Facebook mengumumkan rencana untuk pindah dari Palo Alto ke sebuah kampus luas yang pernah menjadi basis untuk Sun Microsystems di dekat Menlo Park.

– April: Facebook mulai menawarkan sebuah program serupa transaksi harian untuk tawar-menawar online yang dipopulerkan oleh Groupon tetapi menutup program tersebut pada Agustus. Obama mengunjungi markas Facebook di Palo Alto, menerima pertanyaan dari Zuckerberg, karyawan dan seorang audience online.

– September: Halaman timeline diperkenalkan yang memungkinkan pengguna Facebook merubah profil mereka ke dalam buku memo digital interaktif yang menceritakan kisah kehidupan mereka.

– November: Facebook setuju untuk memperketat kebijakan privasi dan menyerahkan kepada audit eksternal dalam penyelesaian dengan Komisi Perdagangan Federal AS.

Pada 2012

– Januari: Facebook mengajukan untuk penawaran umum saham perdana (IPO) yang ingin menghimpun sedikitnya lima miliar dolar AS.

 

*Artikel disarikan dari kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s